Selasa, 18 Oktober 2016

paragraf explanasi tentang Pasar Malam



Pasar Malam

            Pasar malam merupakan sebutan untuk pasar yang biasanya dibuka pada saat malam hari. Maka dari itu dinamakan Pasar Malam. Karena pasar malam ditujukan untuk hiburan, maka dibuka pada malam hari saat orang-orang selesai melakukan aktivitasnya pada siang hari. Selain itu pasar malam biasanya hanya diselenggarakan pada tanggal tertentu. Terkadang pasar malam diadakan pada even-even atau acara-acara tertentu. Jadi tidak setiap hari pasar malam dibuka. Walaupun begitu, masyarakat cukup antusias akan adanya pasar malam ini. Karena selain menjual berbagai macam barang, di dalamnya juga terdapat berbagai macam wahan yang dapat dinikmati pengunjung pasar malam.
            Wahana - wahana yang biasanya terdapat di Pasar Malam diantaranya ada komidi putar, bianglala, ayunan putar, dan masih banyak lagi. Wahana tersebut bisa dinikmati pengunjung dengan membayar karcis disetiap wahananya. Harganya pun bervariasi, dari 4.000 – 6.000 rupiah. Dengan harga yang terjangkau tersebut, masyarakat pun cukup antusias untuk menaiki wahana yang terdapat di pasar malam. Apalagi kalangan anak-anak. Mereka biasanya sering menaiki wahana yang menjadi favorit bagi anak-anak, yaitu wahana komidi putar.
Wahana komidi putar yaitu wahana yang berupa miniatur kuda yang tertata rapi pada sebuah besi yang bisa berputar. Komidi putar bisa berputar dengan bantuan mesin berbahan bakar solar atau yang biasa kita sebut disel. Mesin disel tersebut tersambung dengan rantai besi yang nantinya akan membuat komidi putar berputar sesuai porosnya. Cara menaikinya yaitu, dengan cara menaiki bagian punggung dari miniatur kuda tersebut. Gerak wahana ini yang hanya berputar secara pelan cukup aman dan menyenangkan bagi anak – anak. Maka tidak heran anak-anak akan mengantri untuk menaiki komidi putar. Selain anak-anak, banyak pula remaja yang ikut menunjungi pasar malam ini dan mencoba menaiki beberapa wahana di pasar malam.
            Banyak remaja menghabiskan akhir pekan atau malam minggu untuk mengunjungi pasar malam. Akhir pekan menurut para remaja adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk melepaskan penat setelah satu minggu berkutat dengan tugas-tugas di sekolah. Kebanyakan dari mereka berkunjung  ke pasar malam dengan pacar mereka masing-masing. apalagi pada malam minggu, banyak dari mereka yang menjadikan pasar malam sebagai tempat berkencan mereka. Biasanya mereka sekedar mengelilingi stand-stand yang ada di pasar malam. Membeli beberapa makanan kecil yang dijual di stand – stand tersebut. Salah satu makanan yang selalu ada dan menjadi ciri khas dari pasar malam adalah kembang gula.
            Kembang gula merupakan makanan kecil yang menjadi ciri khas di pasar malam. kembang gula terbuat dari gula yang diberi pewarna makanan, lalu dimasukkan ke dalam mesin yang khusus digunakan untuk membuat kembang gula. Setelah dimasukkan ke mesin, akan keluar busa seperti kapas yang kemudian digulung menggunakan sumpit atau stik. Itulah tadi pengertian pasar malam dan pernak-pernik yang ada di pasar malam.






2 komentar:

  1. Tulisan ini diposting pada 23.30 WIB, cie yang begadang sampai tengah malam untuk mengerjakan tugas matakuliah penulisan kreatif. Jadi terharu... :D

    BalasHapus
  2. heheh...apa sih yang nggak buat bapak? :D
    jadi ini intinya tulisan saya bagaimana pak? bagian mana yang mungkin kurang pas?

    BalasHapus